counter easy hit Tips Membangun Situs “Web” yang Berpengaruh Bagi Bisnis Anda – Blog

Tips Membangun Situs “Web” yang Berpengaruh Bagi Bisnis Anda

laptop-cepat-panas
Tips Agar Laptop Tak Gampang Panas
April 10, 2017
James-Gosling
Asal Usul Nama Java dalam Bahasa Pemograman JAVA
Juni 11, 2017

Tips Membangun Situs “Web” yang Berpengaruh Bagi Bisnis Anda

web-solutions

Internet tidak hanya membuat hidup manusia menjadi lebih mudah tetapi juga berpotensi besar untuk mengembangkan peluang bisnis.

Hanya dengan melihat jumlah pengguna internet saja, kita bisa melihat bahwa internet merupakan media yang kuat untuk menciptakan kesadaran bagi bisnis Anda.

Sebagai gambaran, di Indonesia saja sudah ada lebih dari 132 juta pengguna internet dan secara global pengguna internet sudah mencapai 3,5 miliar pengguna.

Memiliki keberadaan di internet dapat memberikan solusi yang hemat biaya bagi hampir semua bisnis agar bisa terlihat dan diketahui oleh pelanggan dan calon pelanggan.

Setiap bisnis juga dapat memutuskan untuk menjadi bagian dari dunia digital yang terus berkembang ini dengan mendaftarkan nama domain (alamat web) dan membangun situs web mereka.

Akan tetapi, tantangan terbesar bagi kesuksesan bisnis online adalah menciptakan trafik (ke situs web) dan hal ini membutuhkan proses serta waktu yang lebih panjang.

Berikut adalah beberapa hal mendasar yang bisa menjadi perhatian, menurut rilis Verisign, perusahaan global dalam nama domain dan keamanan Internet:

1. Mendaftarkan nama domain

Langkah penting pertama untuk berbisnis di internet adalah untuk memilih dan mendaftarkan nama domain yang membantu mendorong visibilitas perusahaan Anda di web. Memilih untuk menggunakan domain milik Anda sendiri memberikan beberapa keuntungan.

Yang pertama, ini membantu Anda untuk membuat branding atas bisnis Anda. Kedua, nama domain ini akan selamanya menjadi alamat situs web Anda meski Anda memutuskan untuk pindah penyelenggara website.

Ketiga, nama domain memungkinkan perusahaan Anda untuk memiliki branded email melalui nama domain.

Selain nama domain, Anda juga harus memilih extension domain yang tepat, seperti misalnya extension.com.

2. Tentukan tujuan dalam memiliki situs web bagi bisnis Anda

Apakah situs web tersebut akan mempromosikan perusahaan, menjadi alat pemasaran untuk mengiklankan bisnis offline Anda? Atau, akankah situs web tersebut menjadi toko eCommerce dimana pengunjung dapat membeli barang dan jasa online?

3. WEB Surfing

Ketika Anda memiliki tujuan yang jelas bagi situs web Anda, akan baik untuk melakukan peselancaran web (web surfing). Tinjaulah situs web lainnya untuk fungsi yang Anda sukai.

4. Desain dan penampilan.

Sebuah situs secara visual harus menarik dan profesional. Panduan umum ini dapat membantu:

• Hati-hati dalam penggunaan warna, terlalu banyak warna dapat mengalihkan pengunjung dari konten tertulis yang ada. Sebuah skema warna yang baik hanya terdiri dari 2 atau 3 warna primer saja.

• Menyediakan ruang putih yang cukup dalam desain Anda. Susunan yang rapi memperkenankan penonton untuk fokus pada pesan Anda.

• Meningkatkan daya tarik visual dengan grafik dan/atau fotografi berkualitas. Grafik dan fotografi ini dipilih untuk menambahkan arti atau konteks pada konten tertulis Anda.

• Menciptakan kepercayaan melalui konten Anda. Konten pada situs web Anda harus bersifat informatif dan relevan dengan audiens Anda – dengan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang ahli dan memahami kebutuhan para pembaca; hal ini akan menghasilkan kepercayaan dalam brand Anda.

• Pilihlah website yang mudah dinavigasi. Navigasi adalah roadmap dari situs web Anda. Pengunjung situs web Anda harus mengetahui tiga hal penting: dimana mereka berada, kemana mereka bisa pergi, dan bagaimana mereka bisa kembali ke tempat darimana mereka berasal.

Ingat, pengunjung situs web Anda sedang terburu-buru, jangan membuat mereka mengejar informasi atau membuat mereka menerka kemana tujuan mereka selanjutnya.

• Jadilah interaktif. Buatlah format tanggapan dan sarana komunikasi lainnya agar pengunjung dan pelanggan dapat berinteraksi dengan Anda untuk berbagi tanggapan atau membuat sebuah permintaan.

• Buat sistem pembayaran online yang aman. Jika situs web Anda menawarkan pilihan pembelian barang atau jasa secara online, Anda harus memastikan telah mengambil langkah yang cukup untuk membuat pengunjung situs Anda aman dan nyaman untuk melakukan transaksi pada situs web Anda.

• Cek situs web Anda dengan seksama sebelum live: Pastikan semua teks, gambar, warna, dan susunan halaman benar serta tidak ada kesalahan pengejaan. Jika dibiarkan tanpa pengawasan, hal ini dapat membuat pengunjung situs web Anda berpikir bahwa bisnis Anda amatir.

• Promosikan situs web Anda untuk bisa ditemukan di internet. Anda dapat membantu meningkatkan visibilitas dengan menyertakan nama domain lengkap di hampir setiap media komunikasi yang digunakan perusahaan Anda, dari kartu bisnis hingga perlengkapan kantor.

Selain itu, Anda mungkin ingin mendaftarkan nama domain pada mesin pencarian online karena banyaknya pengguna internet yang memanfaatkan mesin pencarian untuk menemukan perusahaan dan bisnis.

Beberapa penyesuaian teknis mungkin perlu dibuat ketika mengembangkan situs web sehingga berpotensi untuk merespon lebih efektif terhadap pencarian tertentu yang dilakukan oleh pengguna internet, sesuatu yang diketahui sebagai proses ‘Search Engine Optimisation’ atau SEO.

• Perbarui dan perbaiki konten situs web Anda secara reguler. Situs web yang berisi informasi yang sama selama berbulan-bulan menjadi stagnan dan mudah diprediksi.

Cobalah untuk mengganti salah satu halaman grafis utama pada web Anda dengan versi yang lebih baru atau menambahkan berita terbaru seputar perusahaan Anda.

Sumber : bisniskeuangan.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *